Jukebox · Thoughts

Jadi Begini…

Jadi begini… Ini konser Dewa 19 perdanaku, dan senang sekali akhirnya bisa menonton penampilan mereka.

Ayah adalah orang yang mengenalkanku pada Dewa 19, memutar semua lagunya ketika di rumah, di mobil atau ia nyanyikan sendiri. Aku tumbuh dengan lagu-lagu mereka, baik di era Ari Lasso maupun Once Mekel.

Aku menikmati semua lagu mereka yang tersaji di konser ini. Selama konser, aku tiba-tiba menyadari, dan kaget sendiri, bahwa ternyata aku hapal benar pada semua liriknya, padahal aku termasuk jarang mendengarkan lagu-lagu Dewa 19 dewasa ini.

Dalam perjalanan pulang, temanku, Denny tak bisa berhenti cengar-cengir, “Gila. Saking banyaknya lagu mereka yang enak, rasa-rasanya konser tadi ga cukup. Jadinya banyak banget lagu yang ga bisa mereka bawain. Lirik lagu-lagu Dewa 19 itu bagus, puitis, ga ada lagi di Indonesia yang kaya begitu. Coba kamu pikir deh, kok bisa ya Ahmad Dhani bikin rangkaian kalimat-kalimat begitu? Mendingan Dhani itu ciptain lagu aja lah, daripada urusin hal-hal aneh.”

Ya, Denny memang benar. Meski tumbuh dewasa dengan lagu-lagu mereka, baru di konser inilah aku menyadari lebih dalam bahwa Ahmad Dhani merupakan lirikus yang luar biasa bertalenta. Lirik-lirik yang ia rangkai memang puitis (sejak kecil sejatinya aku kagum pada lirik ‘Mahameru’). Dia adalah pujangga, yang tak banyak disadari orang karena tertutup citranya yang terkesan negatif belakangan ini.

Terkadang, kita memang harus memilah, bahwa seburuk-buruknya manusia, pasti ada sisi baik yang tersimpan dalam dirinya.

Jadi, kapan Dewa 19 merilis album lagi?

Leave a Reply

