Thoughts

Don’t Love Too Soon

Tiga bulan lalu, aku memutuskan untuk melupakan cinta lamaku, cinta yang aku tahu takkan berbalas sampai kapan pun. Cinta yang, andai pun berbalas, akan sulit dijalani, berkat adanya begitu banyak perbedaan.

Aku masih dalam proses melepas masa lalu, dan tiba-tiba saja pria ini muncul. Well, mungkin tidak secara tiba-tiba, karena sejatinya kami berkenalan sejak setahun lalu, namun aku baru benar-benar mengenalnya dalam delapan bulan belakangan—itu saja kalau bisa dibilang ‘kenal’.

Kami bertemu setiap hari, tapi kami tak mengenal satu sama lain lebih dari sekadar nama. Berpapasan wajah untuk saling bertukar senyum pun, mungkin hanya sepekan sekali. Begitu pula ketika kami bertukar beberapa patah kata. Kenapa kusebut ‘beberapa patah kata’? Karena kami tak pernah saling bicara lebih dari dua kalimat.

Namun tiga bulan belakangan, aku semakin menyadari keberadaannya di sekitarku, dan aku mulai memperhatikannya, setiap hal yang ia lakukan, setiap hal yang ia pikirkan. Indera pengelihatanku, pendengaranku, dan juga perasaanku kian tajam.

Tak ada angin, tak ada hujan, tak ada badai, tiba-tiba saja ia berkelebat di pikiranku. Aku sempat menyangkalnya habis-habisan. Aku marah pada diriku sendiri karena aku tertarik padanya tanpa alasan. Semakin kuenyahkan ia, semakin hadir pula ia. Menyebalkan.

Tanpa ia sadari, aku kini tahu lebih banyak mengenai dirinya. Bahkan sudah pasti lebih dari yang ia duga. Karena aku menyimpan semua yang kuketahui tentangnya hanya untuk diriku sendiri.

Dalam waktu tiga bulan saja, hatiku jatuh padanya. Namun semakin aku banyak tahu tentangnya, semakin pula aku takut jatuh cinta padanya.
Aku takut tanpa sadar menjadikannya pelarian.
Aku takut terlalu cepat mencintainya bahkan ketika aku belum benar-benar mengenalnya.
Bagaimana bila aku jatuh cinta padanya, padahal ternyata ada seorang wanita yang sudah lebih dulu bersanding dengannya?

Leave a Reply

