Thoughts

‘Pembisik’ Singa

Kevin Richardson.

Kevin Richardson yang mantan personel Backstreet Boys itu? Nope. He’s not…

Kevin Richardson yang satu ini bukan mantan personel boyband manapun. Kevin Richardson yang ini adalah seorang lion whisperer.

Apa? Lion whisperer? Tukang bisikin singa? Bukaaaann. Hahaha. Maksudnya, penjinak singa.

Eng, sebenernya juga nggak bisa disebut ‘penjinak singa’ sih, karena dia nggak bekerja sebagai penjinak singa… Apa ya istilah yang tepat? Mmm… mmm… pokoknya gitu deh…

Kevin Richardson ini adalah salah satu orang yang gue kagumi di muka bumi.

Pertama kali gue liat Kevin adalah ketika gue menonton National Geographic Wild channel. Gue lupa acara apa yang gue tonton waktu itu, tapi ketika ada jeda, tiba-tiba ada iklan yang menunjukkan sebuah adegan di mana seorang pria nongol dari himpitan dua ekor singa putih yang lagi tiduran, dan orang itu peluk-peluk salah satu singa itu sambil senyum-senyum.

Kampret. Dia gaholnya sama singa.

Iklan itu ternyata adalah cuplikan dari salah satu acara NatGeo Wild yang judulnya ‘Lion Ranger’. Gue yang amazed oleh cuplikan itu pun langsung mencatat kapan acara itu di-premiere-kan oleh NatGeo. Gue nggak boleh ketinggalan. Gue harus cari tau siapa orang yang segitu akrabnya sama singa ini! Dan pria ini lah yang belakangan gue tau bernama Kevin Richardson.

Sebenernya, pemandangan seperti itu nggak asing buat gue, karena gue sering liat Dave Salmoni, lion expert lainnya di channel Animal Planet. Dia malah lebih sering berinteraksi sama singa-singa liar di Afrika, tapi anehnya singa-singa itu malah takut sama dia. Ciri khas dari Dave Salmoni ini adalah dia suka bawa tongkat dan suka nyanyi-nyanyi gitu kalo ketemu singa di alam bebas. “Biiiigg liooonn…” itu salah satu kata-kata magic yang selalu disenandungkan Dave setiap ketemu singa liar.

Dave juga punya peliharaan singa. Gue lupa namanya, tapi singa itu bener-bener kayak anjing peliharaannya. Jinaaakk banget, walaupun orang selain Dave nggak boleh deketin dia.

Lain Dave, lain pula Kevin.

Di film dokumenter Lion Ranger ini, Kevin bekerja—kalo nggak salah—sebagai co-manager salah satu suaka singa di Afrika Selatan, namanya Kingdom of the White Lion. Di sana ada puluhan singa dengan spesies berbeda, ada juga hyena, jaguar dan golongan big cat lainnya. Namanya juga Kingdom of the White Lion, jadi suaka ini memang lebih fokus untuk memperbanyak singa putih yang memang udah nyaris punah di ranah Afrika.

Jujur aja, gue tertarik nonton Lion Ranger ini karena gue terlalu terkesima ngeliat Kevin yang bisa segitu akrabnya sama singa-singa yang ada di sana. Dia tidur siang di kandang singa. Peluk-pelukan, mandi bareng di sungai, pokoknya apa-apa sama singa. Dia juga sering masukin tangannya ke mulut singa dan mainin taringnya singa-singa itu. Tangannya suka dijilat-jilat, digigit-gigit. Tapi gue liatnya bukannya ngeri, tapi malah ngerasa mereka adorable.

Kata Kevin, sensasi dijilat singa itu nggak ada enak-enaknya. Dia bilang kalo kulitnya dijilat-jilat singa, kulitnya berasa kayak digosok sama kertas amplas.

Dan gue, yang cuma bisa nontonin di depan tipi, sejak kecil selalu berkhayal bisa melihara singa. Kan enak kalo bobok, biar buat peluk kayak boneka. Nah, si Kevin malah tiada hari tanpa sayang-sayang sama singa. Ampun, Allah. Beruntung banget orang kayak Kevin gini. :)

Dalam salah satu interviewnya yang gue liat di YouTube, Kevin sempet bilang, banyak orang yang mempertanyakan dan memprotes metode pendekatan terhadap singa yang ia lakukan. Kevin bilang, “Gue nggak tau tuh cara apalagi yang bisa bikin gue deket sama singa.” Banyak juga yang ngatain dia, “Bego, nggak takut dimakan apa?”

Tapi gue yakin, kalo dia udah ahli, berarti dia nggak bego dong. Dia aja ngomong, “Kalo gue mati dimakan mereka ya berarti udah takdir. Kalopun gue bisa bangkit dari kematian, gue pun akan tetap meneruskan pekerjaan gue ini.”

Pokoknya deh ya, Kevin ini akrab banget sama singa, tapi tentunya singa-singa yang ada di suaka itu aja. Dia bilang dia nggak mau deketin singa yang asing buat dia. Bisa dimaklumi sih, singa di Kingdom of the White Lion pun masih punya insting kehewanan yang tinggi, apalagi singa yang liar.

Lion Ranger ini kebetulan cuma ada tiga episode. Gue lupa semua judulnya, yang jelas gue nggak puas! Gila aja. Segitu banyaknya kegiatan di Kingdom of the White Lion, ternyata cuma dirangkum dalam tiga episode. Nyesek! *lebay*

Tapi emang nyesek sih. Gue yang sejak kecil memang ‘ngefans’ sama hewan bernama singa, jelas nggak puas. Akhirnya gue pun berselancar di YouTube.

Gue masukin semua keyword yang berhubungan dengan Kevin dan singa-singanya. Dan gue menemukan film dokumenter Kevin lainnya yang kayaknya dulu pernah ditayangin di Animal Planet atau Discovery Channel, judulnya ‘Dangerous Companions’. Film ini kayaknya didokumentasikan beberapa tahun sebelum Lion Ranger, dan juga bercerita tentang apa aja yang dilakukan Kevin sama singa-singanya. Bedanya, tempatnya bukan di Kingdom of the White Lion, tapi di suaka singa lain yang juga masih di Afrika Selatan, bernama Lion Park.

Gue pun juga iseng cari foto-foto unik Kevin dan singa-singanya, kebetulan ada beberapa yang gue temuin di websitenya. Gue ambil salah satu, yakni ketika Kevin foto bareng singa putih bernama Thor, posenya meringis bareng. Thor ini juga pernah main film, judulnya White Lion. Film ini kebetulan juga diproduksi oleh Kevin sendiri, katanya sih untuk menambah pemasukan suaka (dibahas di Lion Ranger).

Foto itu adalah foto pertama yang gue posting di blog Tumblr gue. Gue kasih beberapa tag, dan Tumblr gue rame untuk beberapa saat. Banyak orang ngelike dan ngereblog foto itu. Komentar mereka kebanyakan merupakan komentar takjub.

Meksipun hanya beberapa puluh orang, tapi gue seneng ada orang yang notice kegiatan Kevin ini. :)

Kevin Richardson and Thor
Kevin Richardson and Thor

Gue pengen kasih tau lebih banyak di sini, tapi link YouTube-nya terlalu banyak. Jadi kalo lo pengen tau lebih jauh, mending lo surfing sendiri di sana dan masukin semua keyword yang berhubungan dengan Kevin. Oke?

Di sini gue kasih beberapa fotonya aja deh ya…

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menghibur kalian. :D

Cheerio!

Kanya

3 thoughts on “‘Pembisik’ Singa

  1. abis nonton siaran ulangnya 3 hari yg lalu .. sma sprti nt, ane jg jtuh cinta stngh mati ama the lion whisperer neh .. kbtulan cita2 ane wktu sd juga pengen jd dokter hewan yg kerja di afrika, kelakuan kevin ini bikin mupeng abis !!! tp berat juga klo mngingat masalah biaya perawatan n agar suaka tsb tetap hidup…
    momen yg paling ane suka pas nonton kmaren waktu dia hbs ngelakuin operasi kecil untuk singanya coz ada kelebihan jari yg kalo ga sgra dipotong dkhawatirkn akan mnimbulkn infeksi.. lucu bgt waktu dia diem2 coba ngelepas perban Di kakinya n si singa ngibas2 ekornya n dy bilang; “klo dy ngibas2 ekornya artinya dy sebal dngnmu …” Persis bnget alma kelakuan kucingku drumah !!:-)
    thanx for sharing y!

Leave a Reply

